FORESTRY

Syarat dan Contoh Format Permohonan IUPHHK-HTR


Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Pada Hutan Tanaman Rakyat yang selanjutnya disingkat IUPHHK-HTR adalah izin usaha untuk memanfaatkan hasil hutan berupa kayu dan hasil hutan ikutannya pada hutan produksi yang diberikan kepada perorangan atau koperasi untuk meningkatkan potensi dan kualitas hutan produksi dengan menerapkan silvikultur yang sesuai untuk menjamin kelestarian sumber daya hutan.

Berdasarkan Permenhut P.55/Menhut-II/2011 jo. Permenhut P.31/Menhut-II/2013 tentang Tata Cara Permohonan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Pada Hutan Tanaman Rakyat Dalam Hutan Tanaman, yang bisa mendapatkan IUPHHK-HTR adalah perorangan dan koperasi. Selain itu dalam Permenhut P.55/Menhut-II/2011 pasal 12 menyebutkan bahwa “pemohon IUPHHK-HTR perorangan membentuk Kelompok Tani Hutan (KTH) untuk memudahkan pelayanan dalam proses permohonan IUPHHK-HTR.”

Yang dimaksud perorangan adalah warga negara Indonesia orang yang cakap bertindak menurut hukum yang tinggal di sekitar hutan. Sedangkan koperasi adalah koperasi dalam skala usaha mikro, kecil, menengah dan dibangun oleh masyarakat setempat yang tinggal di desa terdekat dari hutan, dan diutamakan penggarap lahan pada areal pencadangan HTR.

Perbedaan subyek pemohon IUPHHK-HTR tersebut di atas berpengaruh pada perbedaan syarat-syarat untuk mendapatkan IUPHHK-HTR.

Persyaratan permohonan yang diajukan oleh perorangan (Permenhut P.55/Menhut-II/2011 jo Permenhut P.31/Menhut-II/2013 Pasal 11):

  1. Fotocopy KTP sesuai dengan yang diusulkan pada saat pencadangan areal;
  2. Keterangan dari Kepala Desa bahwa pemohon berdomisili di desa tersebut;
  3. Keterangan dari Kepala Desa bahwa pemohon berdomisili di desa tersebut atau berdomisili di desa lain dalam kecamatan yang sama serta mempunyai ketergantungan pada kawasan hutan tersebut;
  4. Sketsa areal yang dimohon yang memuat antara lain informasi mengenai wilayah administrasi pemerintahan, koordinat dan batas-batas yang jelas dan berada dalam areal pencadangan HTR yang telah ditetapkan oleh Menteri Kehutanan.

Persyaratan permohonan yang diajukan oleh koperasi (Permenhut P.55/Menhut-II/2011 jo Permenhut P.31/Menhut-II/2013 Pasal 11):

  1. Foto copy akte pendirian;
  2. Keterangan dari Kepala Desa yang menyatakan bahwa koperasi dibentuk oleh masyarakat desa tempatan, bukan dari masyarakat luar desa bersangkutan;
  3. Beberapa desa tempatan sekitar hutan dapat membentuk satu koperasi HTR;
  4. Dalam hal di desa sebagaimana dimaksud pada huruf b dan huruf c, sudah memiliki koperasi, koperasi tersebut dapat mengajukan permohonan IUPHHK HTR;
  5. Peta areal yang dimohon untuk luasan di atas 15 (lima belas) hektar dengan paling kecil skala 1:10.000 yang memuat antara lain informasi mengenai wilayah administrasi pemerintahan, koordinat dan batas-batas yang jelas dan berada dalam areal pencadangan HTR yang telah ditetapkan oleh Menteri Kehutanan.

Format permohonan IUPHHK-HTR perorangan/KTH dan koperasi terlampir.

format surat permohonan izin Perorangan KTH

format surat permohonan izin Koperasi

Referensi

Peraturan Menteri Kehutanan No. P.55/Menhut-II/2011 tentang Tata Cara Permohonan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Pada Hutan Tanaman Rakyat Dalam Hutan Tanaman.

Peraturan Menteri Kehutanan No. P.31/Menhut-II/2013 tentang Tata Cara Permohonan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Pada Hutan Tanaman Rakyat Dalam Hutan Tanaman.

2 thoughts on “Syarat dan Contoh Format Permohonan IUPHHK-HTR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s