FORESTRY

Evaluasi Penerbitan Surat Keterangan Asal Usul (SKAU) di Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun 2013


Oleh: Neny Triana, S.Hut

 

I.      PENDAHULUAN

 

A.     Latar Belakang

 

          Salah satu fungsi pokok BPPHP Wilayah IX Denpasar adalah pemantauan dokumen peredaran hasil hutan. Peraturan menteri yang menjadi payung hukum kegiatan peredaran hasil hutan dari hutan hak adalah Peraturan Menteri Kehutanan No. P.30/Menhut-II/2012 tentang Penatausahaan Hasil Hutan yang Berasal Dari Hutan Hak yang telah diundangkan pada tanggal 20 Juli 2012 dan berlaku efektif pada tanggal 20 Agustus 2012. Salah satu pertimbangan munculnya peraturan ini adalah dalam rangka mendorong berkembangnya usaha kehutanan berbasis kerakyatan dan untuk memperluas lapangan kerja, pengentasan kemiskinan serta pertumbuhan ekonomi, maka masyarakat pemilik/pengelola hutan hak diberi kesempatan seluas-luasnya untuk melakukan penatausahaan atas hasil hutannya.

          Terkait dengan fungsi pokok tersebut, penulis ingin mengetahui pelaksanaan penatausahaan hasil hutan yang berasal dari hutan hak, khususnya di Prov. NTT periode 2013. Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan sumbangsih bagi optimasi pemantauan dokumen peredaran hasil hutan oleh Balai.

 

B.     Maksud dan Tujuan

 

Maksud dan tujuan dari karya tulis ini adalah untuk menjawab pertanyaan bagaimanakah pelaksanaan penatausahaan hasil hutan dari hutan hak di Prov. NTT tahun 2013? Sehingga dari jawaban atas pertanyan tersebut dapat dikembangkan langkah-langkah Balai kedepannya dalam rangka optimasi fungsi pokok pemantauan dokumen peredaran hasil hutan.

evaluasi skau ntt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s