FORESTRY

Dokumen Angkutan Kayu yang Berasal dari Hutan Negara Hutan Alam


IMG_7492

Jenis-jenis dokumen angkutan kayu pada tata usaha kayu tergantung pada asal-usul kayu dan jenis kayunya. Pelaku usaha harus memastikan dulu asal usul kayu dan jenis produk kayu yang akan diangkut, sebelum memutuskan dokumen apa yang akan dipakai. Untuk saat ini, asal usul kayu yang sudah terdefinisi adalah kayu yang berasal dari hutan hak, kayu yang berasal dari hutan Negara hutan alam dan kayu yang berasal dari hutan Negara hutan tanaman.

Untuk bisa memanen kayu pada hutan Negara hutan alam, pelaku usaha sektor kehutanan harus memiliki izin IUPHHK-HA/RE atau IPHHK-HA atau IPPKH atau IPK atau IUPHHK-HTI pada proses land clearing atau KPH yang kayunya merupakan hutan alam atau izin lainnya yang sah sesuai ketentuan perundang-undangan. Bila kayu berasal dari hutan Negara hutan alam, jenis-jenis dokumen yang dipakai dari hulu sampai hilir meliputi: 1.) SKSKB; 2.) FAKB; 3.) Nota Angkutan; 4.) FAKO; 5.) Nota Perusahaan dan 6.) SAL. Dokumen angkutan tersebut merupakan bukti legalitas hasil hutan pada setiap segmen kegiatan dalam penatausahaan hasil hutan.

Surat Keterangan Sah Kayu Bulat yang selanjutnya disebut SKSKB adalah dokumen angkutan yang dipergunakan untuk menyertai dalam pengangkutan, penguasaan atau pemilikan hasil hutan berupa KB/KBS/KBK yang diperoleh secara langsung dari areal izin yang sah (Permenhut P.41/Menhut-II/2014 pasal 1).

Faktur Angkutan Kayu Bulat yang selanjutnya disebut FA-KB adalah dokumen yang dipergunakan pengangkutan lanjutan atau pengangkutan secara bertahap KB/KBS/KBK yang berasal dari izin yang sah (Permenhut P.41/Menhut-II/2014 pasal 1).

Faktur Angkutan Kayu Olahan yang selanjutnya disebut FA-KO adalah dokumen angkutan yang dipergunakan dalam pengangkutan untuk hasil hutan kayu olahan (Permenhut P.41/Menhut-II/2014 pasal 1).

Nota Angkutan adalah dokumen angkutan yang digunakan untuk pengangkutan arang kayu, kayu daur ulang, KBK yang berasal dari pohon tumbuh alami pada APL sebelum terbitnya alas titel dan digunakan untuk tiang pancang, tiang jermal, cerucuk, pengangkutan lanjutan kayu olahan hasil lelang serta pengangkutan langsiran KB/KBS/KBK dari pelabuhan/dermaga ke tujuan dokumen asal (Permenhut P.41/Menhut-II/2014 pasal 1).

Nota Perusahaan adalah dokumen angkutan yang digunakan untuk pengangkutan kayu olahan lanjutan baik dari TPT-KO maupun dari industri lanjutan (Permenhut P.41/Menhut-II/2014 pasal 1).

Surat Angkutan Lelang yang selanjutnya disebut SAL adalah dokumen angkutan yang digunakan untuk pengangkutan hasil hutan KB/KBS/KBK/KO hasil lelang yang berasal dari temuan, sitaan, dan rampasan (Permenhut P.41/Menhut-II/2014 pasal 1).

Dari keenam definisi dokumen angkutan kayu di atas, muncul lagi istilah kayu bulat (KB), kayu bulat sedang (KBS), kayu bulat kecil (KBK), kayu olahan (KO), kayu olahan lanjutan, arang kayu, kayu daur ulang, kayu temuan dan kayu sitaan. Berikut adalah definisinya:

Kayu Bulat yang selanjutnya disebut KB adalah bagian dari pohon yang ditebang dan dipotong menjadi satu atau beberapa bagian dengan ukuran diameter 50 (lima puluh) cm atau lebih (Permenhut P.41/Menhut-II/2014 pasal 1).

Kayu Bulat Sedang yang selanjutnya disebut KBS adalah bagian dari pohon yang ditebang dan dipotong menjadi satu atau beberapa bagian dengan ukuran diameter 30 cm sampai dengan 49 cm (Permenhut P.41/Menhut-II/2014 pasal 1).

Kayu Bulat Kecil yang selanjutnya disebut KBK adalah pengelompokkan kayu yang terdiri dari bagian dari pohon yang ditebang dan dipotong menjadi satu atau beberapa bagian dengan ukuran diameter kurang dari 30 cm atau kayu dengan diameter 30 cm atau lebih yang direduksi karena memiliki cacat berupa busuk hati dan/atau gerowong lebih dari 40%, atau kayu lainnya yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal. Kemudian dalam Perdirjen BUK No. P.3/VI-BUHA/2014 pengertian kelompok kayu lainnya antara lain berupa kayu bakau, kayu bakar, cerucuk, tiang jermal, tunggak jati alam/tunggak ulin, limbah pembalakan (Permenhut P.41/Menhut-II/2014 pasal 1).

Kayu Olahan yang selanjutnya disebut KO adalah produk hasil pengolahan KB/KBS/KBK yang diolah di Industri Primer Hasil Hutan Kayu (IPHHK) atau Industri Pengolahan Kayu Terpadu (IPKT) berupa kayu gergajian (termasuk kayu gergajian yang diserut satu sisi atau lebih), kayu lapis (termasuk block board dan barecore), veneer, serpih/chip (termasuk wood pellet) dan Laminated Veneer Lumber (LVL) (Permenhut P.41/Menhut-II/2014 pasal 1).

Arang kayu adalah arang hasil destilasi kering kayu (SNI 01 5010 4 2002 dalam Kamus Rimbawan)

Kayu sitaan adalah kayu yang disita berdasarkan hokum acara pidana sebagai barang bukti (SKB Menkeu, Menhut, Jagung, Polri 51/KMK.01/97; 72/KPTS-VI/97; 010/JA/2/97; Pol.Kep/01/97 dalam Kamus Rimbawan)

Kayu temuan adalah kayu yang ditemukan di dalam dan di luas kawasan hutan, yang pemiliknya tidak diketahui identitasnya, baik nama dan alamtnya (SKB Menkeu, Menhut, Jagung, Polri 51/KMK.01/97; 72/KPTS-VI/97; 010/JA/2/97; Pol.Kep/01/97 dalam Kamus Rimbawan)

Kayu Olahan Lanjutan adalah produk hasil pengolahan kayu gergajian menjadi moulding (tidak termasuk kayu gergajian diserut satu sisi atau lebih), dowel, komponen rumah (pintu, kusen, jendela dan sirap), dan komponen mebel/furniture (Permenhut P.41/Menhut-II/2014 pasal 1).

Pemahaman terhadap definisi-definisi di atas akan sangat membantu untuk mengetahui jenis dokumen angkutan yang harus dipakai ketika mengangkut kayu. Berikut adalah matrik jenis-jenis dokumen angkutan kayu yang dipakai untuk setiap arus kayu.

tabel dokumen angkutan 1

Tabel dokumen angkutan 2 2

Tabel dokumen angkutan 3 3

Referensi: Peraturan Menteri Kehutanan P.41/Menhut-II/2014 tentang Penatausahaan Hasil Hutan Kayu Yang Berasal Dari Hutan Alam Peraturan Direktur Jenderal Bina Usaha Kehutanan P.3/VI-BIKPHH/2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Penatausahaan Hasil Hutan Kayu Dari Hutan Alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s