FORESTRY

Standar Biaya Penilaian Kinerja Pengelolaan Hutan Produksi Lestari dan Verifikasi Legalitas Kayu


IMG_4573Sejak tahun 2010, Kementerian Kehutanan telah menetapkan standar biaya penilaian kinerja pengelolaan hutan produksi lestari dan verifikasi legalitas kayu. Standar tersebut digunakan sebagai batas maksimal pendanaan PK PHPL dan VLK yang dibiayai oleh Kementerian Kehutanan yang meliputi kegiatan:

  1. Penilaian kinerja PHPL periode pertama atas Pemegang Hak Pengelolaan, IUPHHK-HA, IUPHHK-HT, dan IUPHHK-RE.
  2. VLK periode pertama atas Pemilik Hutan Hak, Pemegang Hak Pengelolaan,  IUPHHK-HA, IUPHHK-HT, IUPHHK-HTR, IUPHHK-HKm, IUPHHK-HD, IUIPHHK dengan kapasitas produksi sampai dengan 2.000 M3/tahun, Tanda Daftar Industri (TDI), Pemegang IUI dengan modal investasi sampai dengan 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) diluar tanah dan bangunan, termasuk industri rumah tangga/pengrajin.

Standar biaya ini juga bisa dipakai oleh pemegang izin yang akan melaksanakan PK PHPL dan VLK secara swadana. Standar biaya bervariasi tergantung pada rayon yang menjadi lokasi pemegang izin dan jumlah sampel yang yang diverifikasi. Standar biaya ini belum termasuk biaya transportasi berupa tarif penerbangan kelas ekonomi, bahkan ada yang belum termasuk transport lokal untuk kegiatan penyelesaian keluhan dan banding serta penilikan. Sehingga biaya yang dikeluarkan oleh pemegang izin pasti akan lebih besar lagi.

IMG_4584Rayon I meliputi Provinsi Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Bali dan Jawa. Rayon II meliputi Provinsi Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Rayon III meliputi Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Berikut adalah standar biaya penilaian kinerja pengelolaan hutan produksi lestari dan verifikasi legalitas kayu:

tabel biaya svlk 1 tabel biaya svlk 2tabel biaya svlk 3

Referensi:

Permenhut P.13/Menhut-II/2013 jo Permenhut P.96/Menhut-II/2014 tentang Standar Biaya Penilaian Kinerja Pengelolaan Hutan Produksi Lestari dan Verifikasi Legalitas Kayu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s