FORESTRY / OPINI

HHBK & Jasa Lingkungan


Pengarusutamaan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu dan jasa lingkungan – khususnya ekowisata mulai berhasil. Dua produk ini mulai mempesona untuk dikelola secara serius oleh kehutanan. Saya mendukungnya. Namun tetap harus memperhatikan daya dukung lingkungan, keberpihakan terhadap keanekaragaman hayati dan pemberdayaan masyarakat lokal.

Kita harus belajar dari “pemanfaatan hasil hutan kayu” yang dieksploitasi habis-habisan dan hanya “melirik” faktor ekologi dan sosial. Hasilnya kita harus berpayah-payah mengembalikan “nama baik kehutanan”, kita sering menjadi kambing hitam jika ada bencana alam. Menguras energi, pemikiran, waktu dan dana yang besar untuk memperbaikinya.

Pemanfaatan HHBK dan jasa lingkungan pada hakikatnya sama dengan kayu. Alam ada batas daya dukungnya.Jika kita melupakan lagi variabel “daya dukung lingkungan, keberpihakan terhadap keanekaragaman hayati dan pemberdayaan masyarakat lokal”, pemanfaatan HHBK dan jasa lingkungan akan menyisakan kerusakan. Akankah kata “lestari” akan hilang?

Denpasar, 6 Juli 2017
Neny Triana
Salam Lestari

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s